Kamis, 12 Juli 2012

Aktivitas Masyarakat Lendang Gocek Membuat Atap Alang-Alang

Atap Alang-alang adalah atap yang di buat dari rumput alang-alang,bambu dan tali pengikat yang biasanya menggunakan bahan serat ijuk atau serat bambu.
Atap alang-alang ini di gunakan sebagai atap rumah, berugak, dan sebagainya.
Di masyarakat Lendang Gocek hampir 30% orang membuat atap alang-alang.
Salah satu tempat pembuatan atap alang-alang ini berada di rumahnya Bapak As, di mana pekerjanya bukan hanya laki-laki tetapi perempuan juga. Saya bertanya kepada salah satu pekerjanya, "Kenapa Ibu bekerja membuat atap alang-alang?"   "Untuk menambah penghasilan, dan untuk membiayai anak saya sekolah" Ujar Ibu Isah".
Penghasilan membuat alang-alang ini di hitung dari berapa banyak hasil membuat atap alang-alang tersebut, 1 atap alang-alang di berikan upah Rp. 1.000.
Biasanya atap alang-alang ini di kirim ke Pantai Kuta Loteng dan ke Bali.
Sebagian masyarakat Lendang Gocek juga membuat atap alang-alang di Bali, dan kebanyakan para remaja yang pergi kesana, hal yang membuatnya pergi ke Bali adalah faktor upah. Di Bali upah membuat satu alang-alang adalah Rp. 2.000.

  • Faktor yang mengakibatkan orang memakai atap alang-alang adalah Rumah atau bangunan Anda akan tampak natural, tampak lebih alami, dan nuansa pedesaan yang tenang, nyaman bisa Anda dapatkan dengan menggunakan atap alang-alang, jadi jangan ragu untuk menggunakan atap alang-alang sebagai penutup rumah atau bangunan Anda.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

tolong kasih tau ya cara-caranya membuatnya??

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More